Minggu, 02 Desember 2012

Nostalgia:Yang Kuingat dan Kurindukan di Masa SMA part I

Diposting oleh Unknown di 12/02/2012 02:59:00 AM


            Saat ini aku tengah merindukan masa SMA ku.Sebenarnya hampir setiap hari aku kangen pengen kembali SMA,karena bagiku masa SMA adalah masa-masa paling indah.Ternyata bener kata orang-orang kalau masa SMA itu masa yang paling indah,karena aku udah ngerasain sendiri.Aku udah membuktikan kalau dinamika pahit-manisnya kehidupan di SMA justru membuat masa SMA begitu indah,berkesan dan layak untuk dikenang apalagi saat ini ketika udah kuliah.Kuliah,kita beradaptasi dengan suasana baru,teman baru dan kesibukan baru yang berbeda dengan SMA.Terkadang kalau udah terlanjur jenuh dan bete soal kampus dan kuliah,tanpa disuruh lagi otakku akan kembali memflashback kenangan di SMA,dan memaksaku bernostalgia.Sebenarnya bukan memaksa ya,karena aku merasa tidak terpaksa kok,dengan senang hati aku selalu menuruti keinginan hati yang sedang rindu masa SMA dengan kembali mengingatnya.Contohnya ini,aku dengan sengaja mengangkat tema kerinduan di masa SMA buat postingan blog.
            Ingatanku tentang apapun yang pernah terjadi ketika aku SMA begitu kuat.Aku masih punya trace tentang hal-hal sekecil apapun walaupun mungkin ingatanku tidak sebaik dulu.Biasanya aku akan semakin ingat tentang suatu hal dan semakin merindukan saat-saat itu jika ada factor penunjang.Berberapa factor itu antara lain adalah music,gambar,pakaian,aroma,buku-buku bahkan perkataan dalam iklan juga bisa membuat aku kembali mengingat kenangan.Contohnya,ketika aku mencuci pakaian dalam menggunakan Rinso cair,aroma Rinso cair yang menyenangkan itu mengusik ingatanku.Ternyata ini aroma yang sering kuhirup di pagi hari ketika aku memakai seragam SMA ku yang baru dicuci.Sambil mengucek biasanya aku menikmati aroma itu dan yang teringat adalah saat aku mengenakan pakaian yang wangi itu lalu bersiap diantar ke pemberhentian angkot lalu naik angkot untuk menuju sekolahku.
Well,selain itu apa saja sih yang kulakukan ketika aku bernostalgia masa-masa SMA?biasanya aku akan naik ke atas dan membuka kardus berisi buku-buku pelaajaran SMA ku.Ada LKS,buku tulis dan soal-soal latihan yang masih aku simpan.Lalu aku membuka lembar demi lembar dengan perasaan rindu yang dalam untuk kembali ke masa-masa itu.Aku melihat tulisanku sendiri,aku melihat tanggal berapa aku menulis catatan pelajaran itu.Lalu aku menghubung-hubungkan tanggal yang tertera denga peristiwa yang pernah terjadi di sekitar tanggal itu,misalnya begini : di buku ekonomi aku mengerjakan tugas membuat jurnal penjualan,jurnal pembelian,jurnal umum dll lalu tertera tanggal 26 November.Berarti saat aku mengerjakan tugas itu adalah hari di mana aku pertama kali dianter pulang mantanku.Hahaha seperti itulah.Ada lagi,lalu aku membaca soal-soal latihan ujian nasional dan aku sadar betapa inginnya aku kembali mengerjakan soal-soal itu bersama teman-temanku lalu dibahas satu persatu oleh guru di kelas ketika les pagi.Aku rindu saat-saat itu :’) Lalu ketika aku membuka lagi buku tahunan angkatanku,melihat foto-foto teman satu SMA,memandangi foto mereka sambil sesekali ingat tentang kesan dan hal yang pernah aku lalui bersama mereka.Masih ada lagi,ketika aku nggak bawa motor ke kampus aku harus pulang naik angkot.Ketika turun di pemberhentian lalu naik angkot jurusan Lawang-Arjosari,aku kembali teringat.Aku rindu saat-saat aku berangkat sekolah,menunggu ada angkot datang lalu ketika masuk ke angkot ternyata ada banyak murid sekolahku yang juga menumpang di situ,lalu bertegur sapa dan turun dari angkot lalu menyeberang jalan bersama-sama.Aku rindu saat-saat itu,aku masih bisa merasakan bagaimana saat itu.Jalanan yang pernah kulewati pun serta merta mengingatkanku,kadang aku ingin melewati jalanan itu lagi dan berharap bisa sekejap saja kembali ke masa SMA hanya untuk bernostalgia.
Sesampai di sekolah biasanya aku berjalan lalu menaiki tangga menuju kelas,menaruh tasku di kursi lalu menyapa teman-teman,biasanya ada Vira dan Yogi yang datang pagi.Lalu aku bercanda dengan mereka sambil berkaca, menyisir rambut dan poni atau sekedar membenarkan ikatan rambut yang berantakan ditiup angina.Aku bercanda dengan mereka,ngecengin siapapun yang bisa dicengin,ndengerin lagu-lagu hardcore yang disetel Yogi keras-keras,ngobrol sama Tiwi,Vira,Inggrid terus ngerjain PR bareng-bareng sama temen lainnya,ngeladeni Feldy dan Fano yang suka minjem kaca dan sisirku,ngeliatin anak kelas 10 yang kelasnya terletak di bawah sambil ngomentarin mereka bersama Vira dan Tiwi,atau duduk-duduk di bangku depan kelas ketika kelas masih belum terlalu ramai dan menikmati matahari pagi yang sengaja kubiarkan menyinari.Sambil memicingkan mata kadang kita memperhatikan teman-teman di kelas IPA yang letaknya di seberang kami,menyapa atau membalas sapaan teman yang kebetulan lewat di depan kelas.Aku kangen saat berhasil curi pandang ke orang yang aku sukai.Aku kangen saat aku berdebar-debar melihat seorang teman sekelas yang akhirnya aku cintai(mantanku) masuk kelas dan bertatap muka denganku.Aku kangen saat-saat les pagi,ketika jumlah murid yang ikut kadang penuh 37 atau bahkan hanya 20 orang saja.To Be Continued.

0 komentar:

Posting Komentar

 

The Unsaid Words Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review