Sabtu, 08 Desember 2012

Whatever You Wear,It's Fashion part II

Diposting oleh Unknown di 12/08/2012 08:23:00 PM

                Nah,setelah di postingan sebelumnya aku cuap-cuap panjang dikali lebar tentang dasar pemikiran fashion menurut aku,aku pengen sharing tentang pengalaman fashionku.Let me say it’s fashion (inget teoriku kan?sekuno,sejelek,secupu,se-nggak fashionable-nya kamu,itu tetep fashion,so just call it fashion).
                TK,SD dan SMP adalah masa di mana aku nggak terlalu paham tentang fashion.Cara berpakaianku saat itu masih standar, tapi outfit yang aku gunakan cenderung mengikuti tren.Misalnya lagi musim celana cutbray,maka aku pasti punya celana cutbray.Ketika musim skinny pants atau celana ‘pensil’ maka aku jelas punya celana ‘pensil’ itu.Atau yang paling lucu,pas SD lagi musim baju ‘asereje’ buat anak-anak,maka aku pasti punya juga.Nggak heran sih,itu karena Pada masa-masa itu Mamaku yang ambil kendali penuh soal pemilihan outfit.Setiap beli baju pasti yang milihin Mama.Untungnya selera fashion Mamaku lumayan bagus jadi aku nggak ketinggalan jaman.
                Pas SMA,aku udah punya pola pikir tentang style aku,jadi aku selalu milih baju sesuai keinginan dan terkadang ngikutin tren juga asalkan tren nya nggak keluar dari koridor fashion ala aku.Walaupun Sampe sekarang, tiap beli baju aku selalu ditemenin Mama karena gimanapun juga bagiku pendapat Mama sangat penting dan aku terbiasa dipilihin Mama sejak kecil.Tapi bedanya di masa SMA ini aku lebih punya andil dalam pemilihan outfit.Aku bukan orang yang terlalu ribet dalam milih baju.Aku bukan maniak fashion dan aku juga nggak terlalu menuntut diriku untuk selalu fashionable.Di sekolah dulu seragam aku biasa aja,standar.Senin dan Selasa kemeja putih-span putih,Rabu dan Kamis kemeja putih-span abu-abu,Jumat dan Sabtu baju pramuka.Seragam SMA aku nggak aku kecilin sampe press body,karena kalo liat yang dikecilin kok kesannya kayak lemper gitu menurutku.Pokoknya kalo liat aku pake seragam SMA,kesannya aku anak SMA yang innocent banget (emang iya :P) soalnya cara seragam aku biasa dan nggak mencolok.Kalo di rumah,outfit aku santai banget…Cuma celana pendek sama kaos.Kalo pergi-pergi,aku tinggal nyesuaiin situasinya.
                Aku bukan tipe orang yang sering hang-out,aku anak rumahan jadi baju-baju aku yang aku alokasikan buat dipake hang-out jarang kepake.Pas udah kuliah baju-baju itu mulai kepake,aku semakin menemukan jati diri fashionku.Aku biasa pake baju berkerah model blus pas hari Senin,alasannya dosen hari Senin nyuruh pake baju berkerah)kalo di hari Kamis atau Jumat aku pake random aja,sesuai mood.Yang paling aku suka adalah pake kemeja kotak-kotak yang dalemnya dikasih tanktop terus pake celana jeans.Aku sering pake baju kotak-kotak(masing-masing beda warna dan jenis loh ya) pas kuliah atau pergi-pergi karena buat aku kotak-kotak itu everlasting,pake baju kotak-kotak nggak akan pernah ketinggalan jaman.
Omong-omong soal gaya outfit favorit aku,aku suka pake kemeja lengan panjang atau pendek yang fungsional,bisa dimasukin celana terus dikasih sabuk atau dikeluarin dan dalemnya dikasih tanktop.Aku juga suka pake baju oversized yang nggak terlalu melihatkan bentuk tubuh,tapi kadang-kadang aku juga suka pakai baju yang agak ketat(dalam artian matching sama bentuk tubuh dan sopan loh).Biasanya kau juga suka mix and match baju-baju aku.Kalo kuliah sih pakaian biasa aja,jangan yang terlalu ribet.Kalo kuliah biasanya aku pake kemeja kotak-kotak,blus,kemeja berkerah,polo shirt ,tanktop yang luarnya dikasih cardigan atau bolero dan yang pasti,celana jeans.Intinya,aku suka pake baju apapun asalkan bagiku itu keren,simple dan nyaman dipake.Aku jarang pake skirt,aku Cuma punya satu dan baru aku pake sekali.Kalo dress aku Cuma punya dua,panjangnya sampe selutut tapi karena aku tambah tinggi dress nya jadi agak pendek dan karena aku nggak terlalu suka pamer kaki di tempat-tempat selain di rumah,aku mewariskan dress-dress itu buat adikku aja.Kalo celana jeans,aku punya banyak yang warna sama modelnya nggak ketinggalan jaman,nyaman dipake dan bisa dipake gantian sama kakakku ^_^.Untuk urusan sepatu,aku juga nggak terlalu memilih yang branded-branded.Asalkan nyaman dan matching sama outfit pasti aku pakai.Sejauh ini aku suka pake flatshoes dan sneakers,keseluruhan aku Cuma punya lima pasang tapi itu udah cukup sih menurutku.Aku juga punya dua pasang wedges,tapi jarang banget kepake soalnya lumayan bikin pegel dan aku jadi keliatan setinggi 170 cm-an.Aku mungkin mulai mempertimbangkan pake wedges nanti kalo udah semester tiga aja,hahaha.
Selama hampir 1 semester kuliah ini,bukan berarti aku nggak pernah ngerasain yang namanya ‘salah kostum’ loh.Aku pernah ngerasa salah kostum sampe nggak nyaman banget.Padahal kalo orang lain yang ngeliat outfit aku sih biasa aja,nggak ada yang salah.Tapi perasaaan salah kostum itu hadir dari dalam pikiranku sendiri yang diawali dengan rasa nggak pede/nggak sreg pas milih pake baju itu.Biasanya karena baju yang tadinya mau aku pake lagi dicuci,aku terpaksa pake baju lain yang nggak sesuai sama mood aku.Tapi justru itu yang bikin nggak nyaman,jadi buat kalian….jangan pernah pake baju yang nggak sesuai sama hati kalian karena itu bisa bikin kalian nggak PD pada hari itu.
Kalo melihat orang lain,aku sering melakukan penilaian tentang outfit mereka.Biasanya aku lihat outfit temen-temen sekelasku atau mahasiswa lain yang berseliweran di sekitarku.Walaupun aku buka orang fashionable yang ngerti banget tentang fashion aku termasuk orang yang suka melakukan penilaian terhadap fashion,aku biasanya Cuma membatin dalam hati.Aku melakukan penilaian berdasarkan kenyataan kok,lalu setelah melihat biasanya aku punya opini tersendiri.Aku biasa menilai cara seseorang mempadu-padankan outfit sama sepatu/tas/aksesoris mereka.Kadang aku mikir sendiri,sok-sok jadi fashion consultant.Dalam hati biasanya gini,”sebenernya itu bakal lebih cocok kalo dikasih bolero warna coklat tua,” atau gini, “yah,mestinya dia pake celana jeans abu-abu..kalo pake blue jeans warnanya nggak nge-blend sama warna kulitnya”.Tuh kan?sok ngerti fashion banget ya aku?padahal aku sendiri kan juga belum tentu pake outfit yang oke dan sesuai sama kaidah fashion.
Kemudian aku menyadari,ya itulah.Apapun yang kita pakai,itu terserah kita.Kitalah yang me-manage outfit dan penampilan kita.Asalkan itu bikin kita nyaman,why not?jadi jangan terlalu mikirin pendapat orang.Aku yakin,tiap orang pasti sering melakukan penilaian terhadap penampilan orang lain seperti aku.Biarkan aja,selama mereka nggak frontal-frontal amat atau Cuma menilai dalam hati.Selama outfit kalian nggak menyalahi aturan,cuekin aja apa kata mereka.The most important things are,make your style,make your move and just be yourself.Remember,whatever you wear,it’s fashion ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 

The Unsaid Words Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review